Welcome to tridi game development

In this blog, i'll try to explain how to create game, tips and tricks to develop game, especially using my 3D engine, tridi - in English and Indonesia.

Bricks, Modelling With Blender (Indonesia)

Blender

Blender adalah program gratis untuk membuat, memanipulasi dan membuat animasi objek 3D. Dan Blender juga dimanfaatkan untuk membuat film-film animasi. Di kesempatan ini kita akan belajar memakai blender untuk membuat objek dengan teksturnya, belum menggunakan animasi.

Untuk mendownload blender terbaru silahkan: Blender 2.46 fr Windows

Memakai Blender

Pertama-tama, anda perlu memiliki panduan shortcut, berikut adalah gambar shortcut untuk 2 mode. SIlahkan download dan kalo perlu dicetak.



Atau kunjungi situs : Blender Interface

Ayo mulai memakai blender. Jalankan blender dan anda akan mendapatkan tampilan seperi ini.

Mulau membuat model Papan

Pada saat membuka blender, anda akan melihat sebuah kotak, kecuali blender sudah anda seting2. Untuk mengubah pandangan dari depan, hidupkan numlock dan tekan tombol "1" di numpad.

Pilih kotak tadi dengan klik kanan. Kemudian tekan Tab untuk masuh ke mode edit. Akan terlihat titik2 berwarna kuning/ungu. Tekan "a" 1 ato 2 kali sampe titik2 tersebut berwarna kuning.

Nah sekarang kotak tersebut perlu diskala, tekan "s" diikuti "z", maksudnya skalanya hanya untuk sumbu z saja, kemudian gerakkan mouse.

Nah, papan sudah siap. Zoom +, - menggunakan scroll mouse. Klik dan tahan tombol tengah mouse gerakkan ke bawah dan sedikit ke kiri ato kanan. Tekan "z" untuk mengubah mode preview, usahakan sampai seperti ini.

Setelah itu lepas pilihan titik-titik dengan tombol "a". Pilih 2 titik berdekatan vertikal di pojok kiri. Caranya dengan menahan tombol Shift kemudian mengklik kanan kedua titik. Tanpa menekan shift, anda akan hanya memilih 1 titik saja.

Image Hosted by ImageShack.us

Kemudian tekan "Ctrl"+e, trus pilih "Mark as seam". Lakukan untuk sudut2 yang lain (ada 4 sudut) sampai seperti ini. Kalau salah, bisa dihilangkan dengan "Clear seam"

Image Hosted by ImageShack.us

Seam digunakan blender untuk membantu proses UV unwrap. Tanpa seampun sebenernya bisa, tapi hasilnya kurang maksimal.

Setelah selesai membuat seam, mari kita ganti mode window di bawah dengan UV/Image editing.

Image Hosted by ImageShack.us

Setelah itu, letakkan cursor mouse di window bawah, kemudian pilih menu Image->New image atau menekan tomvol "Alt"+"n". Set ukurannya ke 256x256. Setelah itu, geser cursor mouse ke window 3D (atas) kemudian pilih semua titik dengan "a" (1/2 kali). Kemdian tekan tombol "u" pilih unwrap (atas sendiri). Atau arahkan cursor mouse ke window UV editing, trus tekan "e". Hasilnya seperti ini.

Image Hosted by ImageShack.usUntuk mulai menggambar tekstur, geser dulu header dari window UV/Image editing, caranya klik mouse tengah dan tahan di tulisan menu (sembarang), kemudian geser ke kiri sampai terlihat tombol pensil.Lepas mouse kemudian klik tombol pensil tersebut. nah sekarang anda bisa menggambar di window ini, untuk mengubah opsi kuas yang digunakan tekan tombol "c". Agar tampil di objek 3D pilih mode preview ke "Textured".

Image Hosted by ImageShack.us

Atau anda bisa langsung menggambar di objek 3D (3D window), namun harus mengeset mode editnya ke Texture Paint..

Image Hosted by ImageShack.us

Tip:

  • Pakai klik+tahan+drag tombol tengah mouse untuk merotasi tampilan 3D.
  • Gunakan "Shift" + langkah diatas untuk menggeser tampilan ke kiri,kanan, atas,bawah.
  • Scroll untuk zoom.
  • Numpad 1:tampilan muka, 3:samping, 7:atas

Namai objek tersebut dengan menkan tombol "n" pada 3D window. Ganti OB:Cube menjadi OB:pad. Kata OB: tidak bisa diganti :) . Tekan "n" lagi untuk menutup window properti.

Simpan file ini dengan nama bricksmodel.blend, simpan juga gambar teksturnya dengan menekan tombol "Alt"+"s" tapi cursor mouse harus di window UV editing. Beri nama "player", trus ganti type menjadi BMP (defaultnya kalo gak salah "Targa" atau "PNG").

Membuat bola

Ubah tampilan dengan "z" sampai mendapatkan mode wireframe (garis saja). Ubah pandangan dari depan ("1" numpad) klik kiri di tengah layar (di titik tengah kotak tadi), ubah dari atas ("7" numpad). Klik tengah kotak tadi. Ini supaya nanti bolanya di tengah.

Tekan tombol "spasi" pilih add->mesh->icosphere. Kemudian tekan "n" (object properties) dan set LocX,LocY,LocZ ke 0,0,0. beri nama juga, sebagai "ball". Resize bola dengan menekan tombol "s" sampai seperti ini kira-kira.

Image Hosted by ImageShack.us

Mari fokus ke bola saja. Pilih kotak papan (klik kanan) kemudian tekan "h". Untuk memunculkannya lagi, tekan "Alt"+"h". Zoom ke bola kemudian tekan "tab" untuk masuk ke Edit mode.

Seperti kotak tadi, kita perlu memberikan seam ke objek bola ini. Caranya mudah, kita belah saja bola ini. Pertama lepas semua titik dengan tombol "a", kemudian dengan cara pemilihan yg khusus. Tekan "b" 2 kali sampai mendapat cursor berbentuk lingkaran. Gunakan scroll untuk membesar kecilkan lingkaran. Pilih dengan cara seperti menarik garis/menggambar ke semua titik diagonal. Kemudian tekan "tab" setelah itu tekan "Ctrl"+"e" dan pilih "mark seam".

Memilih dengan klik kanan hanya akan memilih titik yg tampak saja, sedangkan dengan "b" akan memilih titik-titik yg tidak tampak juga (titik di belakang).

Image Hosted by ImageShack.us

Setelah itu tinggal di Unwrap, pilih semua titik dengan tombol "a" kemudian tekan "u" pilih Unwrap. hasilnya akan seperti ini.

Image Hosted by ImageShack.us

Jangan lupa mengimpan file simpan juga tekstur bola sebagai ball.bmp

Untuk membuat model bata , caranya sama seperti membuat papan, atau lebih baik papannya diduplikat saja dengan "Shift"+"D". Trus untuk tekstur, buat gambar baru (New image).

  1. Beri nama "brick", set LocX,Y,Z ke 0,0,0
  2. Save texture as brick.bmp
Hasilnya kira-kira seperti ini:



Setelah puas dengan hasilnya, maka perlu dicek lagi. Pilih objek papan, tekan "n" dan set DimX, DimY, DimZ ke 2,2,0.25. Set dimensi bola ke 0.3,0.3,0.3 dan batu bata ke 1,1,0.5.

Angka-angka tersebut nantinya akan memudahkan membuat logic tubrukan antara bola dengan papan dan bata.

Terakhir, kita buat background dinding, ini diperlukan supaya efek bayangan bisa terjadi.

Tambahkan objek dengan menekan
"Space"->Add->Mesh->Plane. Set LocX,Y,Z ke 0,0,0.
Anda dapat menyembunyikan objek2 lain dengan menekan tombol "/" pada numpad. Masuk ke edit mode("tab").
Setelah itu tekan "w" dan pilih subdivide beberapa kali, sampai memperoleh kotak2 sebanyak 16x16. Boleh lebih atau kurang sebenarnya, tergantung selera. Nah model lembaran seperti ini tidak perlu dibuatkan semas, cukup buka editor gambar, buat texture baru (new image), ukuran 512x512 dan tekan "e" ada editor gambar untuk mendapatkan UV mapping.



Jangan lupa objek ini dinamai "wall" dan teksturnya "wall.bmp".

Nah anda sudah memiliki modelnya. Selanjutnya akan kita bahas bagaimana membuat game bricks dengan model yang sudah anda buat.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

liat deh gambarnya ga nampak... jd ga ngebantu